Gustafalattas ' Proud be Indonesian People

Maret 12, 2013

AS Menggarap Kawasan Asia-Pasifik

Filed under: Uncategorized — Gustaf Al attas @ 6:53 pm

Peran penting politik dan ekonomi ASEAN dalam beberapa tahun terakhir tidak hanya menarik perhatian negara-negara Asia ke organisasi regional itu, tapi juga menyita pandangan Amerika Serikat untuk menjalankan kebijakan barunya di kawasan & memperluas hubungan dengan negara-negara anggota ASEAN . Mengingat kepemimpinan periodik Brunei di ASEAN tahun ini, pemerintah Presiden Barack Obama mengundang Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah ke Washington untuk melakukan penjajakan lebih lanjut.

Gedung Putih dalam sebuah rilisnya menyinggung pertemuan Sultan Brunei dan Obama, dan mengumumkan bahwa fokus utama pembicaraan kedua pihak adalah untuk mempersiapkan KTT AS-ASEAN pada Oktober mendatang dan mendiskusikan isu-isu aktual di Asia.

Gedung Putih menambahkan, “Kunjungan Sultan Brunei ke Washington mencerminkan fokus strategis Obama ke kawasan Asia-Pasifik dan keterlibatan substantif dengan teman-teman dan mitra kami di wilayah itu.” Kedua pemimpin juga akan membahas cara-cara untuk memajukan Kemitraan Trans-Pasifik, sebuah blok perdagangan bebas yang dimotori AS dan Australia.

“Pertemuan ini mengindikasikan komitmen presiden untuk berpartisipasi penuh dalam forum multilateral di kawasan itu guna mendorong kerjasama, menjaga stabilitas, dan memajukan pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.  Menurut para pengamat politik, Obama yang telah menggeser fokusnya ke wilayah Asia, ingin memberi perhatian pada isu-isu politik dan ekonomi dan mengejar kepentingan AS di kawasan strategis tersebut. Sebelumnya, Obama telah menghadiri KTT Asia Timur di Bali, Indonesia pada tahun 2011 dan juga KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja pada November 2012. KTT itu dipandang sebagai kesempatan Obama untuk memperluas hubungan perdagangan dengan negara-negara lain di Asia yang tumbuh pesat.  Para pengamat percaya bahwa hubungan dekat Cina dengan ASEAN dan kemitraan perdagangan beberapa negara anggota organisasi itu dengan Beijing, telah menggeser posisi AS di kawasan.

Para pejabat Washington juga berkali-kali menegaskan bahwa perhatian AS ke wilayah Timur Tengah telah menyebabkan memudarnya peran negara itu di Asia Tenggara.

Oleh sebab itu, AS sedang berupaya menyulut perselisihan di antara negara-negara yang dekat dengan Cina. Di antara upaya itu adalah memperkeruh konflik sengketa wilayah yang melibatkan beberapa negara Asia dengan Cina dan menambah jumlah pasukan AS di kawasan.  AS sepertinya ingin memanfaatkan peluang ekonomi di Asia dan menggeser peran Cina. Namun demikian, negara-negara Asia tampaknya ingin memainkan peran penengah dalam kompetisi antara AS dan Cina. Bersamaan dengan kunjungan Sultan Hassanal Bolkiah ke AS, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Pangeran Mohamed Bolkiah juga melakukan lawatan ke Cina. Dalam pertemuan dengan sejawatnya di Beijing, Mohamed Bolkiah mengatakan Brunei siap untuk memperluas kerjasama perdagangan dengan Cina dan memperkuat hubungan bilateral.

sumber :Antara

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: