Gustafalattas ' Proud be Indonesian People

September 26, 2010

Kopassus-SAS Australia akan Latihan Antiteror

Filed under: Uncategorized — Gustaf Al attas @ 11:06 am

Komando Pasukan Khusus TNI AD dan SAS Australia akan melaksanakan latihan penanggulangan teror bersama di Bali dalam waktu dekat.

“Latihan ini telah dijadwalkan sejak beberapa lama lalu, bukan semata-mata karena ada potensi ancaman,” kata Kepala Penerangan Komando Daerah Militer IX/Udayana Letnan Kolonel (Art) I Kadek A Atmawijaya di Denpasar, Jumat.

Ia menyatakan, lebih baik selalu bersiap menghadapi keadaan terburuk, sehingga latihan semacam ini selalu dilakukan dan kali ini latihan akan digelar di Bali.

Menurut dia, peserta latihan antiteror yang terlibat meliputi Satuan Penanggulangan Teror 81 Komando Pasukan Khusus TNI AD dari markas besarnya di Kawasan Cijantung, Jakarta Timur, dengan mitranya dari “Special Air Service” Australia.

Beberapa perwira kunci dari kedua satuan komando ini telah tiba di Denpasar sejak beberapa hari lalu dan tengah melakukan koordinasi lapangan serta penyamaan jalur komando.

Latihan antiteror di Bali ini, katanya, akan dilaksanakan di beberapa tempat. “Skenario persisnya belum kita tahu, namun dimulai dari Lapangan Nitimandala Renon, Denpasar, dan berakhir di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai,” katanya.

Dalam skenario awal, latihan terpadu antiteror ini dimulai dengan informasi ancaman penyanderaan dan perusakan di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai. Personel-personel gabungan Indonesia dan Australia yang dipadukan dalam satu gugus tugas penanggulangan dan diberangkatkan ke titik ancaman melalui helikopter dari Dinas Penerbangan TNI AD.

Setiba di lokasi yang dikuasai teroris, tim penanggulangan teror langsung beraksi dengan perlengkapan dan persenjataan yang telah disiapkan. Alhasil, kawanan teroris bisa digulung dan aksi terorisme itu dinyatakan dapat ditanggulangi.

Menurut Atmawijaya, “Bali telah dikenal sebagai tujuan wisata kelas dunia. Tanggung jawab kita bersama untuk mengamankannya, dalam hal ini kami melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi kami dan saat ini kami tengah bermitra dengan Angkatan Darat Australia.”

Menurut informasi, semula latihan bersama Komando Pasukan dan SAS Australia ini dijadwalkan dilaksanakan sebelum kunjungan Presiden Amerika Serikat, Barack H Obama, pada Juni lalu. Namun Obama membatalkan kunjungan ke Indonesia dan hingga kini belum disepakati saat persis kunjungan resmi itu dilakukan.

Antara SAS Australia dan Komando Pasukan Khusus memiliki beberapa kesamaan kualifikasi, di antaranya penanggulangan teror, operasi intelijen, operasi kontra intelijen, hingga sabotase atas instalasi vital pihak lawan.

Komando Pasukan Khusus tercatat juga pernah “mencicipi” kontak senjata langsung dengan SAS Inggris pada saat konfrontasi dengan Malaysia terjadi pada awal dasawarsa `60-an di hutan belantara Kalimantan Utara. (Ant)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: