Gustafalattas ' Proud be Indonesian People

Mei 12, 2010

PM Baru Inggris David Cameron Akan Tempuh Jalan Pemerintahan Yang Berliku-liku

Filed under: Uncategorized — Gustaf Al attas @ 8:18 pm

Pemimpin Partai Konservatif, David Cameron kemarin (12/5) mengambil keputusan untuk menjabat sebagai perdana menteri baru Inggris atas undangan Raja Inggris. Dengan demikian berakhirlah situasi politik kacau balau yang muncul pasca pemilu Inggris. Namun ditunjukan para analis bahwa jalan pemerintahan Cameron tidak akan mulus.

Pemilu Inggris digelar pada 6 Mei lalu. Berdasarkan hasil penghitungan suara, Partai Konservatif memperoleh suara paling banyak untuk menjadi partai terbesar di Majelis Rendah, namun gagal mencapai 326 kursi yang diperlukan untuk membentuk kabinet secara independen, dengan demikian muncullah “parlemen tanpa partai mayoritas” pertama sejak 1974. Dalam keadaan demikian, Partai Konservatif secara inisiatif mengadakan perundingan tentang pembentukan pemerintah koalisi dengan Partai Demokrat Liberal yang menempati urutan ketiga dalam perolehan suara. Sementara itu, Partai Buruh pimpinan Gordon Brown juga mengadakan kontak dengan Partai Demokrat Liberal. Setelah melalui tawar menawar yang sengit, perundingan antara Partai Buruh dan Partai Demokrat Liberal dinyatakan berakhir dengan kegagalan walaupun pendirian antara kedua partai itu relatif dekat. Partai Demokrat Liberal mengeluh bahwa Partai Buruh tak pernah sungguh-sungguh mempertimbangkan pembentukan pemerintah yang positif dan reformatif, karena Partai Buruh sama sekali tidak berniat mencapai kesepakatan dengan Partai Demokrat Liberal dalam masalah investasi pendidikan dan reformasi perpajakan. Sedangkan Partai Buruh mencela Partai Demokrat Liberal menempatkan terlalu banyak rintangan bagi perundingan, sehingga perundingan berakhir dengan kegagalan.

Kemarin sore, Gordon Brown menyatakan niat peletakan jabatan kepada Raja Inggris, Elizabeth II, dan mengusulkan Raja Inggris meminta pemimpin-pemimpin partai oposisi untuk membentuk kabinet. Brown dalam pernyataan peletakan jabatannya menyatakan, sebagai perdana menteri, ia selalu berusaha sekuat tenaga demi berbakti untuk kepentingan Inggris dan rakyatnya. Brown menyatakan harapan terbaik kepada perdana menteri baru. Setelahitu, Brown dan sekeluarganya meninggalkan kediamannya di Downing Street No. 10, London untuk bertemu dengan Raja Inggris dan resmi menyampaikan surat peletakan jabatan. Peletakan jabatan Brown sebagai perdana menteri Inggris menandakan berakhirlah masa berkuasa selama 13 tahun Partai Buruh.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.