Gustafalattas ' Proud be Indonesian People

April 24, 2010

Kemenyan dari Penjaga Pintu Di jalan Trunojoyo

Filed under: Uncategorized — Gustaf Al attas @ 7:07 pm

MENJELANG pukul dua sore Rabu pekan lalu, ketegangan di lantai dua ruang rapat utama Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia meningkat. Para penyidik tahu, mereka hanya punya waktu kurang dari tiga jam sebelum masa penahanan 1×24 jam tokoh itu berakhir. Pemeriksaan sejak malam sebelumnya tidak banyak membuahkan hasil. Dengan lihai, sang buruan berkelit, menepis setiap upaya polisi menjeratnya dengan pasal pidana.

Pria 65 tahun yang sedang diperiksa tim independen bentukan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri itu memang bukan orang sembarangan. Sejak tiba di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, sesaat setelah mendarat dari Singapura, dia sudah menunjukkan kelasnya. Meski agak pucat karena lelah dan sakit, dia masuk ke ruang pemeriksaan dengan dagu tegak. Tak ada tanda-tanda dia digiring sebagai pesakitan.

Tokoh itu adalah Sjahril Djohan. Mantan diplomat di Kementerian Luar Negeri itu punya pengalaman panjang di dunia intelijen. Dia juga sudah bertahun-tahun menjadi staf ahli di Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. Kabarnya, Sjahril kenal hampir semua petinggi di sana.

Waktu terus bergulir. Jarum jam makin mendekati angka lima. Jika tidak ada bukti kuat, demi hukum, Sjahril Djohan harus dilepas. Dia akan melenggang keluar sebagai orang bebas karena perannya dalam patgulipat perkara penggelapan pajak GayusTambunan tak bisa ditemukan. Memanfaatkan waktu yang tersisa, penyidik sibuk menyisir satu demi satu tumpukan dokumen yang mereka punyai. Lembar-lembar berita acara pemeriksaan para saksi sebelumnya dipelajari lagi.

Sjahril pun tampaknya tahu posisinyadi atas angin. Setiap pertanyaan polisi dijawab dengan lugas dan tenang. ”Dia memang punya peran, tapi melanggar hukum atau tidak?” kata Hotma Sitompoel, pengacara Sjahril, yang setia mendampingi kliennya. Lalu tibalah dokumen itu: bukti komunikasi antara Sjahril Djohan dan tersangka lain yang sudah

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: