Gustafalattas ' Proud be Indonesian People

Maret 25, 2010

Evaluasi Strategi Pertahanan dan Efektivitasnya

Filed under: Uncategorized — Gustaf Al attas @ 8:09 pm

Strategi Pertahanan dan Efektivitasnya DievaluasiANTARA/Eric Ireng

JAKARTA: TNI AL mengadakan forum strategi Angkatan Laut untuk mengevaluasi strategi pertahanan dan efektivitasnya untuk masa depan. Pelaksanaan forum ini merupakan yang pertama kali dalam kurun waktu 18 tahun terakhir.

“Forum strategi ini yang dilaksanakan terakhir pada 1992. Jadi, sudah sekian lama tidak dilaksanakan. Pada forum strategi lalu menghasilkan strategi pertahanan laut nusantara dibandingkan situasi saat ini dibandingkan strategi pertahanan negara yang sudah berubah dan sebagainya. Saya memandang perlu ada forum strategi untuk merumuskan strategi di laut di dalam mempertahankan NKRI,” jelas KSAL Laksamana Agus Suhartono kepada wartawan seusai pembukaan forum di Jakarta, Senin (22/3).

Forum juga mengagendakan pembahasan untuk menyusun strategi mewujudkan postur TNI AL, cetak biru logistik, dan personel dalam tataran minimum essential forces (MEF). Semua dibahas dan disesuaikan dengan kondisi yang ada sehingga bisa diimplementasikan di lapangan.

Pemilihan strategi yang akan digunakan menjadi prioritas dalam forum yang akan dilaksanakan selama seminggu ke depan. “Produk terutama strategi pilihan dan kekuatan minimum seperti apa yang kami susun sebagai buku nomor satu, baru kemudian blueprint logistik dan personelnya kami susun,” sambungnya.

Kajian strategi, sahut dia, akan melihat dari dua sisi, yakni ancaman dan tuntutan kapabilitas. Perinciannya sendiri akan dijabarkan oleh asisten pengamanan TNI AL dalam forum tersebut. “Tentunya dalam membangun kekuatan tidak hanya memandang ancaman, tapi juga kapabilitas yang diperlukan untuk mempertahankan ini. Jadi, ada dua tinjauan dalam membangun kekuatan,” tukasnya.

Hasil dari forum tersebut, ujar dia, akan menggambarkan apakah strategi masih bisa dipertahankan atau sudah harus diubah. Itu tak menutup kemungkinan sebab situasi kapabilitas TNI AL sudah berbeda.

“Kekuatan itu, ada yang di satu sisi lebih unggul, di satu sisi lebih rendah. Jadi, kalau kami evaluasi semuanya, kami tidak bisa begitu saja. Ini akan kami kaji,” tandasnya. (DM/OL-04)

1 Komentar »

  1. Semoga tahun 2011 Indonesia mampu Senilai 23 Miliard Us Dollar Untuk membeli Kapal Induk Bekas Dari Inggris beserta satu skuadron Pesawat Harier dilengkapi Rudal Cina dan Radar dari India Maka Pasti Kedaulatan Negara tidak akan diremehkan oleh Negara2 Tetangga dan Ikut Aman kan Jalur International Terpadat Di Dunia.

    Komentar oleh Gustaf Al attas — Maret 26, 2010 @ 5:00 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: